Wednesday 21 October 2009

Jangan Jadi Parasit Dong...

Gara-gara dengerin lagu gokil 'Parasit' nya Gita Gutawa, aku ingin menulis tips menghadapi teman yang jadi parasit bagi kita. Emang teman yang parasit kayak apa? Tau khan, kayak di lirik lagunya Gita Gutawa itu, minta dijemputin, minta ditelfonin, minta ditraktirin, minta dibayarin, pokonya minta ini itu lah. Kalau mintanya sekali dua kali seh ga masalah. Lah kalo terus-terusan gitu khan repot juga kita.

Tapi sebelumnya lebih baik lagi kalau kita introspeksi diri, jangan-jangan selama ini justru kitalah yang menjadi parasit bagi teman kita, nah loh. Jadi gimana caranya si biar kita ga jadi parasit yang menjengkelkan itu?



Pola Hidup Sederhana dan Gemar Menabung
Malu khan kalo tiap hari kita minta ditraktirin teman, numpang makan di rumah teman, minjem HP teman buat sms atau malah telfon. Lama-lama teman kita juga jadi malas dekat-dekat sama kita. Daripada kehilangan teman, lebih baik disiplinkan pola hidup kita, jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang. Kalau memang uang saku kita terbatas, makanlah seadanya, kurangi jajan. Usahakan untuk nabung tiap hari, so kalau ada barang rada mahal yang pengen kita beli, kita bisa pakai duit sendiri, ga minta dibeliin atau ngutang sama teman.

Rajin Mempelajari Hal-hal Baru
Pelajari hal-hal dan keterampilan baru yang bermanfaat. Semakin banyak pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki, meminimalkan kita dari minta tolong sama teman kita. Malahan, kita jadi bisa bantu-bantu teman yang kesulitan.

Berlatihlah Mandiri dan Lebih Kreatif!

Belajarlah mandiri dan ga dikit-dikit mengandalkan orang lain. Tingkatkan kreatifitas baik dalam berfikir maupun bertindak. Jadi ketika kita menghadapi hal-hal yang ga terduga, kita ga langsung nyelonong minta bantuan teman, melainkan berfikir kreatif, mencari alternatif cara yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan permasalahan kita sendiri.

0 comments: